Sabtu, 01 Mei 2010

Online vs Live

Sudah hampir sebulan saya tidak menyambangi dunia maya untuk urusan bersosialisasi. Menulis blog, berkomentar di blog orang, bahkan membuka facebook--situs jejaring sosial ternama yang menghubungkan dengan teman lama atau teman baru--juga tidak pernah. Selama tiga minggu ini saya memang lebih sering beraktivitas di luar rumah, berangkat pagi-pulang malam. Sampai rumah kalaupun belum malam, ya bermain dengan keponakan sampai malam pula. 
Bagaimanapun juga, bertemu dengan orang-orang secara live terasa lebih menyenangkan dibandingkan dengan sekedar "bercengkerama" tanpa bertatap muka. Bukannya "ngobrol" lewat FB, twitter, ataupun saling berkirim komentar lewat blog itu tidak asyik, tapi berinteraksi secara langsung akan lebih melibatkan emosi kita secara total, merasakan emosi orang lain, bisa merespon sinyal-sinyal verbal dan nonverbal secara langsung sehingga kita bisa belajar dari sebuah relasi, apapun itu. Belajar berkomunikasi, memahami orang lain, mengakomodasi apa yang diinginkan oleh orang lain, menyampaikan keinginan kita pada orang lain, dan banyak lagi yang lain. 
Namun, berbagi pengalaman pada orang lain, (yang tidak bisa kita lakukan secara live setiap saat sehingga kita terdorong untuk menuliskannya di blog atau update status di situs jejaring sosial) juga tidak kalah menyenangkan. Menunggu respon dari orang lain, entah itu positif, negatif, memberi masukan, mencecar, itu juga bagian dari berkomunikasi dan kita tetap bisa belajar banyak dari itu.
Hanya saja, sekedar mengingatkan pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar saya agar seimbang dalam bersosialisasi. Online ataupun secara live, hendaknya proporsinya sesuai. Agar tidak melulu update status di facebook/twitter, tapi orang di sekitarnya jadi terabaikan. Atau yang belum sempat membagi pengalamannya dengan menulis di blog (seperti saya yang nulisnya masih kumat-kumat-an ini, hehe...) agar menyempatkan diri untuk menulis supaya pengalaman yang berharga menjadi bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya oleh orang lain. 


picture taken from: http://picasaweb.google.com/hupo001/2009WinterLandscape#5314164467582312498

0 comments:

Posting Komentar